Memercepat Waktu Shutdown

Diposkan oleh Atnan44 on Dec 12, 2009

"Buat apa sih kita mempercepat waktu shutdown??? tinggal sutdown komputer terus ditingal pergi, ngapain ditunggu? gitu aja kok repot..."
mungkin dari anda berpendapat seperti itu. lalu pernahkah anda menginstall program game yg harus direstart setelah proses instalasi agar anda dapat menggunakannya???
pernahkah anda memodifikasi windows yg juga membutuhan waktu restart dalam prosesnya???
seberapa besar ketabahan anda diuji jika pada saat merestart komputer, windows membutuhkan waktu yg sangat lama hanya untuk sekedar menshutdown sebelum akhirnya booting kembali.
jika anda merasa tidak sabar dengan lamanya proses shutdown windows anda, berikut tips sederhana yg saya berikan namun jitu....

1.mematikan service-service bandel secara paksa.
tahukah anda... semakin banyak menginstall program-program  pada komputer anda, maka semakin lama waktu shutdown yg dibutuhkan komputer anda. apalagi bila program bila program yg anda instalasikan mempunyai service yg terintegrasi dalam sistem windows.
untuk memangkas waktu shutdown komputer anda. cara adalah dengan mengurangi waktu toleransi windows untuk mematikan service-service tersebut...
> akses registry editor anda (regedit).
> kemudian akses key berikut.
HKEY_LOCAL MACHINE>>>SYSTEM>>>CurrenControlSer>>>Control
> jika sudah, lihat pada jendela sebelah kanan. terdapat key yg bernama  WaitToKillServiceTimeout, klik ganda key tersebut.


> akan muncul jendela edit string. pada bagian value data isikan 1000 sebagai value datanya. klik ok.


> sekarang coba restart komputer anda. dan rasakan waktu shtdown anda akan lebih cepat dari biasanya.


2.mendisable clear page file saat shutdown
windows akan membersihkan page file saat komputer anda di-shutdown. tentunya memakan waktu bukan? untuk mempercepat prosesnya kita matikan saja fungsi ini.
> akses registry editor
> kemudian akses key berikut.
HKEY_LOCAL_MACHINE>>>SYSTEM>>>CurrentControlSet>>>Control>>>Session Manager>>>Memory Management
> lihat pada jendela sebelah kanan, cari key ClearPageFileatShutdown (jikakey tersebut tidak ada, anda dapat membuatnya sendiri dengan mengklik kanan ruang kosong pada jendela sebelah kanan kemudian pilih new>>>dword (32bit) value.


> klik ganda key tersebut, dan pada value datanya isikan 0 (nol)


> untuk kembali mengaktifkannya isikan 1 pada value datanya...

Selamat Mencoba>>>

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment