Instalasi Driver Wireless Broadcom pada Ubuntu 10.10

Diposkan oleh Atnan44 on Nov 9, 2010

Assalamu Alaikum, Sob?!

berawal dari status seorang teman dipesbuk yg mengatakan kalau Ubuntu 10.10 sedang RoadShow ke kampus-kampus diMakassar..
membuat saya sadar kalau versi Ubuntu yg terakhir kali singgah di Notbuk saya yaitu versi 09.10 (yg saat itu saya belum ngerti cara instalasi driver wlan di Notbuk pada Ubuntu, ckckckck...)
dan sekarang versi 10.10'nya sudah rilis. wahh...wahh...wah... perkembangan yg cukup pesat :)

mengingat Ubuntu ver.09.10 yg driver wlan broadcom belum aktif. sayapun berpikir kalau ver.10.10 pasti driver wlan'nya sudah langsung aktif. :D
tapi setelah saya download+install Ubuntu 10.10 pada Notbuk kesayanganku, ternyata tetap saja driver wlan'nya belum aktif.
hal itu membuat saya jengkel+pusing 7 kurcaci (gimana nggk pusing,,, saya aja lupa cara instalasi driver'nya.. padahal dulu sudah diajarkan sama pak guru pada Ubuntu 09.10. hehehehehe...)

karena terinspirasi dari kata-kata pak guru yaitu RTFM (Read The Fine/Fuc**** Manual) yg maksudnya "berusaha dengan diri sendiri dulu, baru bertanya pada orang lain" :)
sayapun berusaha dengan ilmu seadanya buat mengaktifkan wlan tersebut..
tak mampu dengan ilmu yg saya miliki, saya langsung saja bertamu kerumah om Google dan mencari tau.
alhasil saya kesasar diForum KasKus dan menemukan apa yg saya dapatkan "Instalasi Driver Wireless Broadcom di Ubuntu 10.04".

setelah download driver'nya dan mengikuti step by stepnya,, alhasil driver wlan saya belum aktif juga :'(
tentu saja hal itu membuat saya bingung+jengkel+pusing. (maklum masih pemula)
setelah membaca kembali tutorialnya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
jjyyyaaaaaaahhhhhh.................
ternyata paket yg saya gunakan tadi versi 10.04, sedangkan yg saya butuhkan adalah ver.10.10 wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk :D
setelah mengulang kembali step by stepnya, akhirnya datang juga [uuppsss] akhirnya aktif juga :D
sekian pengalaman bodoh+nggk penting dari saya.. yg mau coba silahkan ikuti langkah-langkah dibawah..





> masukkan CD / Live USB Installer Ubuntu 10.10 (kalau mau donlot drivernya klik DISINI)
> install paket secara berurutan sesuai ketentuan seperti dibawah.

  #\pool\main\p\patch\patch_2.6-2ubuntu1_i386.deb
  #\pool\main\d\dkms\dkms_2.1.1.2-3ubuntu1_all.deb
  #\pool\restricted\b\bcmwl\bcmwl-kernel-source_5.60.48.36+bdcom-0ubuntu5_i386.deb
  #\pool\main\b\b43-fwcutter\b43-fwcutter_013-2_i386.deb

> jika pada akhir instalasi terdapat pesan firmware tidak ditemukan, klik saja Fordward atau OK (hiraukan saja...)
> Restart Notbuk Sobat.

sekian+selamat mencoba...

{ 10 Comments... read them below or add one }

Anonymous said...

mantaaaaap .... lanjutkan anak muda !

walhyx

dhiena said...

nice info :)

Mas Achild said...

Thanks Bro.... mantap surantap bro....

Gigih Rizqi said...

maaf sebelumnya, gue agk ngga mudeng ubuntu

Unknown said...

thx om buat infonya . . . mantab dah

ADHIE BLOG'S said...

sama bgt neh ma prblem ubuntu gua...
klo bsa krim driverna keemail gua iia bos...
thx sblmna....

Atnan44 said...

link donlotnya udah ane sedain bos..
tinggal donlot aje ! ! !

Adi Dwi C said...

ini yg gua cari2, thans banget infonya gan,

Budi said...

kalaubuat vganya ada gag gan?

Admin said...

VGnya apa gan???

Post a Comment