Mengambil Subtittle Film Berformat MKV

Diposkan oleh Atnan44 on Mar 16, 2011

Assalamu Alaikum, Sob?! ^_^
pada kesempatan ini saya ingin bercerita sedikit mengenai pengalaman saya, sekalian berbagi info+trik dr hasil pengalaman tersebut.
kejadian ini dimulai saat saya selesai mendownload sebuah film. naahh,, setelah berhasil mendonlot film tersebut beserta subtittle'nya.
sayapun langsung memainkannya. tapi saat dimainkan, subtittle film tersebut tidak sesuai dengan yg seharusnya.
akhirnya sayapun mencari subtittle yg lain yg mudah-mudahan sesuai dengan filmnya.
sialnya sudah 5 subtittle yg saya donlot, tak ada satupun yg pas dgn filmnya.
secara default filmnya sudah memiliki subtittle. sayangnya cuma berbahasa inggris.
kemudian terlintas dibenak saya untuk membuat subtittle sendiri, dengan memanfaatkan default subtittle inggris tersebut.

proses googling'pun dimulai. dan lagi2 saya nyasar d Kaskus. dan mendapat sebuah tool yg berguna buat mengambil subtittle dr file/film ***.MKV
kebetulan film yg saya donlot itu berformat .MKV juga. HeHeHe...
buat teman2 yg mw tau gimana caranya... CEKIPROOOTTT !!!

untuk melakukan trik ini, kita membutuhkan tool yg bernama:
- MKVExtractGUI.exe (tapi, tool ini membutuhkan MKVtoolnix supaya bisa bekerja)
- MKVtoolnix

How to Use it :

1. setelah mendonlot keduafile tersebut, install MKVtoolnix.
2. letakkan MKVExtrackGUI.exe ke folder MKVtoolnix. misalnya C:>>Program Files>>MKVtoolnix
3. jalankan MKVExtrackGUI.exe.
4. pilih letak folder film, pada form Input File:, secara default letak hasil ekstrak akan disimpan di My Documents.
5. pada bagian Tracks:, beri centang Subtittle film yg akan d Ekstrak. terakhir klik Ekstrak.


pada umumnya sibtittle yg dihasilkan akan berformat .SRT dan tentunya menggunakan bahasa inggris.
naahh,, untuk untuk memudahkan sobat mentranslate k bahasa Indonesia, Sobat tinggal menggunakan Google Translate! ^_^
Selamat Berkreasi ! ! !


Note : 
$ file SRT dapat dibuka menggunakan Notepad.
$ jika subtittle buatan Sobat belum nampak, coba buka kembali subtittle tersebut. lalu perhatikan tanda  -> .. secara default, tanda panah tersebut harusnya terlihat seperti ini  --> .
jadi, silahkan ubah tanda panah tersebut yg awalnya adalah -> menjadi -->
buat yg nggk mau repot, cukup klik Edit >> Replace (Ctrl + H). dan akan window kecil 'Replace'. pada kolom Find What isikan -> dan pada kolom Replace with isikan --> kemudian klik tombol Replace.

{ 2 Comments... read them below or add one }

ansanwan said...

bagus nich

Fadhil Ashari said...

ane suka blog ini !!!

lihat jga blog aku di

http;//fadhilns.blogspot.com


ane tunggu yach !!!

jng lupa utk follow/comments !!!

thanks

Post a Comment